ANGKET MOTIVASI BELAJAR
Identitas Responden :
Nama :
Jenis
Kelamin :
Petunjuk :
Angket
ini berisi 44 item pernyataan tentang motivasi belajar. Bacalah dengan cermat
setiap pernyataan tersebut. Kemudian, berikanlah jawaban dengan cara memberi
tanda cek (√) pada salah satu pilihan jawaban yang paling sesuai dengan tingkat
persetujuan Anda, dengan pilihan jawaban sebagai berikut :
SS :
Sangat Sesuai
S :
Sesuai
CS :
Cukup Sesuai
KS :
Kurang Sesuai
TS :
Tidak Sesuai
Jawaban Anda, tidak menuntut jawaban benar atau salah dan
tidak berhubungan dengan penentuan kelulusan atau hal lain yang akan merugikan
Anda di sekolah ini. Kesungguhan
dan kejujuran Anda dalam menjawab merupakan bantuan yang amat berguna. Karena
itu diharapkan Anda menjawab semua soal yang tersedia.
Atas bantuan dan kerjasamanya, diucapkan terima kasih.
Peneliti,
AHMAD
MIFTAH
ANGKET
MOTIVASI
BELAJAR
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
||||
SS
|
S
|
CS
|
KS
|
TS
|
||
1.
|
Saya rajin ke sekolah terutama mata
pelajaran yang saya sukai.
|
|
|
|
|
|
2.
|
Saya ragu dengan kemampuan yang saya miliki
dalam memahami penjelasan guru
|
|
|
|
|
|
3.
|
Saya senang mencari informasi yang
berhubungan dengan pelajaran, karena bisa memperkaya ilmu kita.
|
|
|
|
|
|
4.
|
Saya merasa tidak mampu menyelesaikan
setiap tugas mata pelajaran yang diberikan
|
|
|
|
|
|
5.
|
Saya suka mengunjungi perpustakaan sekolah
untuk membaca buku pelajaran.
|
|
|
|
|
|
6.
|
Saya kurang memperhatikan pelajaran yang
saya tidak senangi
|
|
|
|
|
|
7.
|
Saya hadir tepat waktu ketika belajar pada
mata pelajaran yang saya anggap gampang.
|
|
|
|
|
|
8.
|
Saya malas bertanya kepada guru kalau ada
pelajaran yang tidak saya mengerti.
|
|
|
|
|
|
9.
|
Bila menghadapi kesulitan dalam mempelajari
mata pelajaran, saya berusaha menemukan alternatif pemecahannya.
|
|
|
|
|
|
10.
|
Saya lebih suka pergi ke kantin sekolah
dibanding pergi ke perpustakaan
|
|
|
|
|
|
11.
|
Saya memandang bahwa hasil belajar yang
saya dapatkan adalah kemampuan saya sendiri.
|
|
|
|
|
|
12.
|
Saya menghindari pelajaran yang saya anggap
sulit.
|
|
|
|
|
|
13.
|
Saya telah membuat jadwal kegiatan di
rumah, sehingga saya mengetahui kapan saya harus belajar
|
|
|
|
|
|
14.
|
Saya merasa putus asa bila menghadapi
kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran
|
|
|
|
|
|
15.
|
Saya menghabiskan banyak waktu untuk
mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan pelajaran di sekolah.
|
|
|
|
|
|
16.
|
Sebagian besar waktu saya habis untuk
bermain dan nonton TV.
|
|
|
|
|
|
17.
|
Ketika ada pelajaran yang saya kurang pahami, saya bertanya pada
orang yang lebih mengerti.
|
|
|
|
|
|
18.
|
Saya menghabiskan sebagian besar waktu
belajar untuk bergosip dengan teman.
|
|
|
|
|
|
19.
|
Saya mengisi waktu luang dengan cara
mengulangi pelajaran sekolah
|
|
|
|
|
|
20.
|
Saya merasa tidak mampu dalam menghadapi
pelajaran yang sulit
|
|
|
|
|
|
21.
|
Jadwal belajar yang telah saya buat akan
kuikuti dengan perasaan senang.
|
|
|
|
|
|
22.
|
Saya lebih suka nonton TV dibanding
belajar.
|
|
|
|
|
|
23.
|
Saya telah merencanakan kegiatan belajar
setiap hari.
|
|
|
|
|
|
24.
|
Saya merasa tidak mampu menyelesaikan
setiap tugas mata pelajaran yang diberikan
|
|
|
|
|
|
25.
|
Saya yakin bisa memahami setiap pelajaran
yang diajarkan oleh guru.
|
|
|
|
|
|
26.
|
Saya tidak memiliki jadwal belajar dirumah
|
|
|
|
|
|
27.
|
Saya percaya bisa mengerjakan setiap tugas
yang diberikan oleh guru.
|
|
|
|
|
|
28.
|
Meskipun saya telah merencanakan untuk
belajar sesuai jadwal belajar, saya
tetap malas untuk belajar
|
|
|
|
|
|
29.
|
Meskipun saya tahu resiko kegagalan itu
ada, saya tidak takut memperjuangkan cita-cita saya.
|
|
|
|
|
|
30.
|
Bila saya ditegur oleh guru saya tidak
menghiraukannya.
|
|
|
|
|
|
31.
|
Meskipun saya tahu tidak akan mendapat
prestasi yang baik, saya akan tetap berusaha dan belajar.
|
|
|
|
|
|
32.
|
Bila saya gagal menyelesaikan tugas dari
guru, saya akan mengabaikan tugas-tugas tersebut dan akan mengerjakan
aktivitas lain.
|
|
|
|
|
|
33.
|
Bila ada PR yang diberikan oleh guru, saya
tidak akan menunda mengerjakannya
|
|
|
|
|
|
34
|
Ketika sayatidak mengerti tentang apa yang
dijelaskan oleh guru di depan, saya akan bertanya
|
|
|
|
|
|
35.
|
Jika seseorang menghambat aktivitas belajar
saya, maka saya akan mencari alternatif untuk mengatasi hambatan itu.
|
|
|
|
|
|
36.
|
Bila saya mendapat kritikan dari teman,
saya merasa putus asa
|
|
|
|
|
|
37.
|
Bila saya diberi tugas sekolah oleh guru,
saya akan mengabaikannya
|
|
|
|
|
|
38.
|
Bila ada tugas yang tidak saya ketahui
jawabannya, saya menyimpan tugas itu dan memilih bermain.
|
|
|
|
|
|
39
|
Bila saya tidak mampu menyelesaikan
tugas-tugas mata pelajaran pada kesempatan pertama, saya akan mengerjakan
tugas-tugas itu sampai berhasil.
|
|
|
|
|
|
40.
|
Jika menghadapi PR yang sulit, maka saya
memilih untuk melihat pekerjaan teman
|
|
|
|
|
|
41.
|
Ketika saya keliru dan dikritik oleh guru,
saya sangat senang karena itu menambah ilmu saya.
|
|
|
|
|
|
42
|
Saya merasa sangat malu jika mendapat nilai
jelek, karena bagi saya itu hal yang sangat memalukan.
|
|
|
|
|
|
43.
|
Jika saya mendapat nilai jelek, saya yakin
akan mampu memperbaikinya.
|
|
|
|
|
|
44.
|
Saya takut mencoba sesuatu karena pikiran
saya dibayang-bayangi oleh kegagalan.
|
|
|
|
|
|
KISI-KISI ANGKET MOTIVASI BELAJAR
Variabel
|
Aspek
|
Indikator
|
Item
|
Jumlah
|
|
Positif
|
Negatif
|
||||
Motivasi Belajar
|
1. Pilihan
|
-
Tertarik pada mata pelajaran tertentu
|
1,7
|
12,10
|
4
|
-
Rajin mencari informasi tentang
pelajaran tertentu
|
5,3
|
4, 6
|
4
|
||
2.
Keyakianan untuk sukses
|
-
Gambaran Keberhasilan
|
27, 25
|
8, 2
|
4
|
|
-
Membuat Rencana
|
13, 25
|
26, 22
|
4
|
||
-
Kemandirian bertindak
|
17, 21
|
24, 28
|
4
|
||
-
Menyediakan waktu
|
19, 15
|
16,10
|
4
|
||
-
Berusaha
memperkirakan hasil berbagai strategi
|
11, 9
|
14, 20
|
4
|
||
-
Kemampuan membuang strategi yang tidak menjanjikan
|
35, 33
|
40, 44
|
4
|
||
3.
Keuletan dalam berusaha
|
- Keberanian menghadapi kegagalan
|
29, 31
|
42, 38
|
4
|
|
-
Kemampuan bangkit dari kegagalan
|
43, 41
|
32, 30
|
4
|
||
-
Gigih terus berusaha kalau usaha
pertama gagal
|
37, 39
|
34, 36
|
4
|
||
Jumlah
|
|
|
22
|
22
|
44
|
+ komentar + 1 komentar
Hallo.. mau bertanya. apakah angket motivasi belajar ini sudah valid atau belum ya? kalau boleh tau referensi nya dari mana?