CONTOH
PELAKSANAAN RELAKSASI OTOT
Neny adalah siswi kelas XII IPS2,
dia memiliki masalah selalu merasa cemas dan tegang ketika ingin menghadapi
ujian nasional, sementara ujian nasional hampir tiba, oleh karena itu ia berinisiatif pergi ke
konselor untuk mendapat penyelesaian dari masalahnya tersebut. Berikut proses
wawancaranya:
Konselor/konseli
|
Isi Percakapan
|
Keterampilan dasar
|
TAHAP WAWANCARA AWAL
|
||
Konseli
|
“Tok..tok..tok..!!!! Assalamualaikum bu…”
|
|
Konselor
|
Waalaikum salam…. Mari,,, silahkan masuk (berdiri di
ke pintu sambil tersenyum dan menjabat tangan)
|
Attending
|
Konseli
|
Terima kasih bu… (masuk ke ruangan)
|
|
Konselor
|
Silahkan duduk..
|
|
Konseli
|
Iya bu..( Duduk di kursi)
|
|
Konselor
|
Kalau tidak salah kamu Neny kan… ??? siswa kelas XII
IPS2..
Oh.. ya perkenalkan nama ibu adalah Ibu Anugrah,
guru BK di sekolah ini…
|
|
Konseli
|
Iya, bu saya Neny, siswa kelas XII IPS2
|
|
Konselor
|
Eh.. buku
apa yang kamu bawa itu Neny ??? Kelihatannya menarik…
|
Membangun rapport (hubungan baik)
|
Konseli
|
oo.. iya ini novel bu,,, saya pinjam dari teman.
Kebetulan saya sangat suka baca novel…
|
|
Konselor
|
Oh.. ya !!! bagaimana dengan isinya ???
|
|
Konseli
|
Iya bu… tadi saya sempat membacanya sedikit dan
isinya sangat bagus bu…
|
|
Konselor
|
Bagus lah.. oh iya,, bagaimana perasaan mu berada di
ruangan ini ???
|
Menanyakan keadaan ruangan
|
Konseli
|
Menyenangkan bu,, saya suka dengan penataan
ruangannya,, apa lagi jauh dari kebisingan
|
|
Konselor
|
Baguslah.. ngomong-ngomong, kedatangan kamu kesini,
apakah atas keinginan sendiri atau ada pihak lain yang menyuruhmu ???
|
Menanyakan sifat kedatangan konseli
|
Konseli
|
Saya datang ke sini atas keinginan sendiri bu..
Namun, sebelumnya saya sempat dengar dari
teman-teman saya bahwa jika ada siswa yang bermasalah dan ingin menyelesaikan
masalahnya maka ke ruangan BK saja untuk mendapat bantuan dari guru BK di
sini.
|
|
Konselor
|
Oh,
seperti itu. Apakah sebelumnya kamu sudah pernah ke ruangan ini untuk
melakukan proses konseling ???
|
Menanyakan kepada konseli apakah sudah pernah di
konseling
|
Konseli
|
Belum pernah bu.. ini yang pertama kalinya
|
|
Konselor
|
Apakah kamu tahu apa itu Konseling ??
|
|
Konseli
|
Kalau menurut saya Konseling itu proses pemberian
bantuan untuk memecahkan masalah-masalah siswa bu..
|
|
Konselor
|
Iya, bagus sekali.. jadi konseling merupakan suatu
layanan yang membantu siswa yang sedang menghadapi masalah atau sulit dalam
mengambil keputusan, agar nantinya mampu untuk memecahkan masalahnya dan
mampu mengambil keputusan yang tepat untuk dirinya.
|
Memberi informasi tentang konseling
|
Konseli
|
Iya, bu…
|
|
Konselor
|
Menurut kamu apa peranan konselor dan konseli dalam
proses konseling ???
|
|
Konseli
|
Tidak tahu bu..
|
|
Konselor
|
Disini, ibu sebagai konselor berperan sebagai
fasilitator dalam proses pemberian layanan BK yang berhubungan dengan masalah
konseli untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang kamu hadapi,
sedangkan kamu sendiri sebagai konseli berperan aktif untuk mengemukakan
masalah dan latar belakang masalah serta mangkaji berbagai kemungkinan jalan
keluar dari permasalahan mu itu..
|
Memberi informasi tentang peranan konselor dan
konseli dalam proses konseling
|
Konseli
|
Iya bu.. Saya akan berusaha aktif dalam konseling
ini. Tapi saya tidak ingin kalau masalah saya ini diketahui oleh orang lain
bu,,,
|
|
Konselor
|
Iya, perlu kamu ketahui bahwa konselor sebagai
organisasi profesi diatur oleh kode etik. Dimana salah satu bunyi dari kode
etik tersebut adalah memberi kebebasan dan menjamin kerahasiaan klien. Jadi
kamu tidak perlu khawatir sebab kami selaku konselor pasti akan merahasiakan
masalah konseli dari orang lain.
|
Memberi informasi tentang kode etik konseling
|
Konseli
|
Oo.. saya sudah merasa sedikit lega
|
|
Konselor
|
Nah sebagai wujud kebebasan kamu, di sekolah ini ada
tiga konselor, kamu bebas memilih siapa saja. Yang pertama, pak Wiwink
sarjana BK lulusan dari UNM yang telah
berpengalaman selama 4 tahun. Yang
kedua Ibu Feby sarjana BK lulusan dari UNM yang telah berpengalaman selama
5 tahun dan yang ketiga adalah saya sendiri juga lulusan dari UNM, saya sudah
berpengalaman selama 2 tahun. Silahkan kamu memilih diantara ketiga konselor
tersebut untuk melakukan konseling
|
Memberi informasi tentang konselor yang dapat
dipilih
|
Konseli
|
Saya ingin melakukan konseling dengan ibu saja,,
karena merasa nyaman dan nyambung dengan ibu...
|
|
Konselor
|
Terima kasih telah memilih Ibu sebagai tempat untuk
berkonsultasi.Baiklah, sekarang coba ceritakan apa masalahmu?
|
Menanyakan masalah konseli
|
Konseli
|
Masalah saya bu yaitu saya merasa cemas dan tegang
karena pengalaman saya dimasa lalu.
|
|
Konselor
|
Sekarang apa
yang kamu harapkan dari proses konseling ini ??
|
Kontrak tujuan
|
Konseli
|
Saya ingin agar masalah saya cepat selesai dan
menemukan jalan keluar dari permasalahan saya ini bu..
|
|
Konselor
|
Ibu merasa sangat senang karena kamu memiliki
semangat yang tinggi untuk menyelesaikan masalah mu.. Baiklah kalau begitu,
kita sepakati waktunya terlebih dahulu. Konseling ini akan memerlukan waktu
sekitar 3 kali pertemuan yang tiap pertemuannya memerlukan waktu sekitar 45
menit. Tetapi jika kamu aktif mengungkapkan latar belakang dari masalahmu dan
aktif memikirkan jalan keluar dari masalah tersebut mungkin masalah kamu akan
segera teratasi dan tidak terlalu banyak memerlukan waktu, tetapi kalau kamu
pasif dan tertutup mungkin akan memerlukan waktu yang lebih banyak lagi.
Bagaimana pendapat mu tentang waktu yang telah ditetapkan, apakah kamu setuju
???
|
Kontrak waktu
|
Konseli
|
Iya, saya setuju bu.. saya berharap agar masalah
saya ini cepat terselesaikan..
|
|
TAHAP EKSPLORASI MASALAH
|
||
Konselor
|
Baiklah, setelah kita menyepakati waktu yang
digunakan.Coba kamu ceritakan kepada ibu apa yang menyusahkan dan mengganggu
pikiranmu selama ini ??
|
Mengajak terbuka
|
Konseli
|
Begini, bu.. sebentar lagi kan saya ujian nasional,
tetapi saya selalu merasa cemas dan tegang bu.
|
|
Konselor
|
Boleh ibu tahu apa yang menyebabkan sehingga kamu
selalu merasa cemas dan tegang ???
|
Menanyakan sebab masalah
|
Konseli
|
Begini bu.. (tunduk dan terdiam)
|
|
Konselor
|
Iya.. teruskan Neny !!!
|
Dorongan minimal
|
Konseli
|
Begini bu,, saya selalu merasa cemas dan tegang
ketika ingin menghadapi ujian karena saya takut tidak lulus bu…
|
|
Konselor
|
Kenapa kamu memiliki pemikiran seperti itu ???
|
Mengikuti pokok pembicaraan
|
Konseli
|
Begini bu.. saya merasa trauma dengan pengalaman
saya…
|
|
Konselor
|
Memangnya apa pengalamanmu yang membuat kamu merasa
trauma ???
|
Meminta penjelasan lebih lanjut
|
Konseli
|
Saya pernah tidak lulus ujian nasional sewaktu saya
di SMP
|
|
Konselor
|
Oh.. jadi kamu merasa trauma karena pengalaman kamu
itu ??
|
|
Konseli
|
Iya bu, tapi saya berharap agar saya dapat lulus
ujian nasional kali ini bu…
|
|
Konselor
|
Apakah kamu sudah melakukan suatu usaha agar kamu
dapat lulus ujian nasional kali ini ???
|
|
Konseli
|
Iya bu, saya sudah belajar dengan semaksimal
mungkin, tapi saya masih tetap pesimis bu…
|
|
Konselor
|
Tadi kamu mengatakan sudah belajar semaksimal
mungkin tetapi kenapa kamu masih tetap pesimis ???
|
Konfrontasi
|
Konseli
|
Iya juga, sih bu.. tapi perasaan cemas dan tegang
selalu ada dalam diri saya bu…
|
|
Konselor
|
Kamu mengatakan bahwa kamu selalu merasa cemas dan
tegang keNeny ingin menghadapi ujian nasional karena kamu merasa trauma
dengan pengalaman kamu dan akhirnya kamu merasa pesimis…
|
Merespon isi secara kronologis
|
Konseli
|
Iya bu,, saya selalu merasa cemas dan tegang
|
|
Konselor
|
Kamu mengatakan bahwa kamu selalu merasa cemas dan
tegang (paling penting), dan perasaan itu berpengaruh terhadap konsentrasi
kamu dalam menghadapi ujian (agak penting) dan juga berpengaruh terhadap
perilaku kamu (kurang penting)
|
Merespon isi berdasarkan pentingnya.
|
Konseli
|
Benar bu… saya jadi bingung. Sementara ujian hampir
dilaksanakan
|
|
Konselor
|
Kamu mengatakan bahwa kamu pernah tidak lulus
sewaktu di SMP, sehingga menyebabkan kamu trauma dengan keadaan tersebut dan
akibatnya kamu selalu merasa cemas dan tegang keNeny ingin menghadapi ujian.
|
Merespon isi berdasarkan sebab-akibat
|
Konseli
|
Iya, bu saya sangat kecewa pada diri saya sendiri..
|
|
Konselor
|
Kamu merasa marah pada diri kamu sendiri ???
|
Respon perasaan marah
|
Konseli
|
Iya bu, saya merasa putus asa..
|
|
Konselor
|
Kamu merasa sedih karena kejadian ini
|
Respon perasaan sedih
|
Konseli
|
Benar bu, gara-gara saya pernah tidak lulus ujian
sewaktu di SMP saya jadi trauma, dan akhirnya sekarang saya takut kalau
kejadian itu terulang lagi…
|
|
Konselor
|
Terkadang kita memang merasa sedih, jika kita pernah
gagal di masa lalu, tetapi jangan sampai rasa sedih itu berlarut-larut
menguasai kamu sehingga membuat kamu selalu merasa cemas, tetapi jadikanlah
masa lalu itu sebagai pengalaman, kita harus belajar dari pengalaman dan
jangan sampai kita jatuh pada lubang yang sama.
|
Memberi nasihat
|
Konseli
|
Iya bu, tapi perasaan cemas dan tegang selalu
membayangi saya keNeny ingin ujian…
|
|
Konselor
|
Kamu merasa sedih karena pernah gagal di masa lalu..
|
Respon yang dapat dipertukarkan
|
Konseli
|
Saya benar-benar kecewa pada diri saya sendiri,
pertama saya trauma dengan masa lalu saya, sehingga saya merasa cemas dan
tegang jika ingin menghadapi ujian
|
|
Konselor
|
Kamu merasa kesal karena kamu pernah gagal di masa
lalu sehingga membuat kamu trauma dan sekarang kamu selalu cemas dan tegang
karena kamu takut tidak lulus ujian tahun ini.
|
Respon perasaan dan isi yang banyak
|
Konseli
|
Benar sekali bu.. saya takut tidak lulus ujian
|
|
Konselor
|
Kamu merasa ragu-ragu akan kemampuan diri kamu
sendiri karena kamu mengira kamu tidak lulus ujian tahun ini
|
Respon terhadap perasaan dan isi yang sulit
|
Konseli
|
Benar bu…
|
|
Konselor
|
Perasaan ragu-ragu adalah hal yang wajar, tetapi
jangan sampai perasaan itu dapat menghambat kita untuk terus maju. Kamu
memang pernah gagal di masa lalu, tapi ingat bahwa kegagalan adalah
kesuksesan yang tertunda. Jadi janganlah selalu merasa ragu-ragu dengan
kemampuan yang kamu miliki
|
Memberi informasi
|
Konseli
|
Tapi apakah saya bisa bu.. ???
|
|
Konselor
|
Tidak ada hal yang tidak bisa, selagi kita ada
kemamuan untuk melakukannya, semuanya
hanya butuh waktu…
|
Memberi penguatan
|
Konseli
|
(mengangguk-angguk)
|
|
Konselor
|
Nah, usaha-usaha apa yang telah kamu lakukan untuk
menyelesaikan masalah mu itu ???
|
Pertanyaan terbuka
|
Konseli
|
Saya sudah belajar semaksimal mungkin bu.. saya
berharap agar saya bisa lulus ujian tahun ini..
|
|
Konselor
|
Bagus, apakah kamu merasa senang jika kamu dapat
lulus ujian kali ini ???
|
Merespon perasaan senang
|
Konseli
|
Tentu bu.. saya sangat senang apa lagi kalau
nilai-nilai ujian saya bagus…
|
|
Konselor
|
Bagus sekarang coba simpulkan apa masalah yang sedang
kamu alami sekarang?
|
Meminta Menyimpulkan
|
Konseli
|
Saya selalu merasa cemas dan tegang bu karena saya
pernah gagal di masa lalu, dan akhirnya saya merasa takut jika hal itu
terulang kembali, sehingga dapat mengganggu konsentrasi saya dalam menghadapi
ujian.
|
|
Konselor
|
Kamu merasa cemas dan tegang terhadap masalah yang
kamu alami saat ini.
|
Refleksi
|
Konseli
|
Iya bu…
|
|
TAHAP MEMPERSONALISASI
|
||
Konselor
|
Kamu merasa sedih karena berbagai hal telah
mengganggu konsentrasi kamu dalam menghadapi ujian ??
|
Mempersonalisasi arti (personalisasi tema umum)
|
Konseli
|
Iya bu... saya trauma dengan masa lalu saya. Awalnya
saya merasa cemas dan tegang, tetapi kemudian hal itu berpengaruh terhadap
konsentrasi saya dalam menghadapi ujian
|
|
Konselor
|
Kamu merasa kesal karena kamu pernah gagal di masa
lalu, sehingga kamu cemas dan tegang untuk menghadapi ujian yang hampir
dilaksanakan tahun ini
|
Internalisasi pengalaman
|
Konseli
|
Saya jengkel pada diri saya sendiri,
|
|
Konselor
|
Kamu merasa frustasi karena kamu tidak tahu lagi apa
yang harus kamu lakukan ???
|
Personalisasi implikasi
|
Konseli
|
Benar bu..
|
|
Konselor
|
Kamu merasa stress karena inisiatif telah hilang ??
|
Mengonseptualisasikan kekurangan-kekurangan
|
Konseli
|
Iya bu.. saya merasa sangat frustasi
|
|
Konselor
|
Kamu merasa jengkel karena kamu tidak bisa mengambil
inisiatif ??
|
Menginternalisasikan kekurangan
|
Konseli
|
Iya, bu.. Saya tidak yakin pada diri saya sendiri
untuk dapat lulus ujian nanti karena saya selalu cemas dan tegang !!!
|
|
Konselor
|
Kamu merasa putus asa karena kamu tidak bisa
mengambil inisiatif sebagaimana ditunjukkan oleh ketidakmampuanmu untuk menghilangkan
perasaan cemas dan tegang yang ada pada diri kamu sendiri ??
|
Mengongkretkan kekurangan
|
Konseli
|
Sebenarnya saya sangat berharap agar saya dapat
lulus ujian nanti, tetapi saya belum melakukan usaha yang maksimal untuk
dapat menghilangkan perasaan cemas dan tegang yang ada pada diri saya ???
|
|
Konselor
|
Tadi kamu mengatakan bahwa kamu berharap agar kamu
dapat lulus ujian nantinya, tetapi kok kamu belum melakukan suatu usaha
menghilangkan kecemasan yang ada pada diri kamu ???
|
Mengonfrontasikan kekurangan
|
Konseli
|
Iya juga sih bu.. tapi saya tidak tahu apa yang
harus saya lakukan ???
|
|
Konselor
|
Kamu merasa menyesal karena kamu tidak dapat
berinisiatif dan kamu ingin berinisiatif ???
|
Mengonseptualisasikan aset
|
Konseli
|
Benar bu.. saya benar-benar ingin melakukan sesuatu
agar dapat menghilangkan perasaan cemas dan tegang yang ada pada diri saya.
|
|
Konselor
|
Kamu merasa menyesal karena tidak dapat berinisiatif
dan kamu benar-benar ingin belajar berinisiatif ???
|
Menginternalisasikan aset
|
Konseli
|
Iya bu.. jika saya tahu cara membuat inisiatif maka
tentunya saya harus bisa membuat rencana kegiatan dan melaksanakan rencana
itu..
|
|
Konselor
|
Kamu merasa menyesal karena kamu tidak bisa
berinisiatif dan kamu benar-benar ingin belajar membuat inisiatif sebagaimana
ditunjukkan oleh kemampuan kamu membuat rencana dan melaksanakannya
|
Mengongkretkan aset
|
Konseli
|
Tetapi, apakah saya bisa lulus ujian dengan nilai
yang bagus ???
|
|
Konselor
|
Kamu berkata bahwa kamu tidak yakin untuk lulus
ujian dengan nilai yang bagus, walaupun kamu telah mengetahui
kekuatan-kekuatan kamu untuk mencapainya..
|
Mengonfrontasikan aset
|
Konseli
|
Maksud saya adalah saya belum tahu bagaimana caranya
agar saya bisa menghilangkan kecemasan yang ada pada diri saya, agar saya
bisa lulus ujian nanti..
|
|
Konselor
|
Kamu merasa kecewa, karena keterlambatan kamu
mengambil inisiatif ??
|
Mempersonalisasi perasaan tentang arti
|
Konseli
|
Yah, saya marah pada diri saya sendiri mengapa saya
tidak mampu dalam mengambil inisiatif ??
|
|
Konselor
|
Kamu merasa kecewa dalam diri kamu sendiri karena
kekurangan kamu berinisiatif..
|
Mempersonalisasi perasaan tentang kekurangan
|
Konseli
|
Iya bu.. tetapi mestinya saya tidak tinggal diam
atas masalah saya ini, saya harus cepat bertindak, tetapi bagaiman caranya ??
|
|
Konselor
|
Kamu merasa tak sabar lagi karena kamu ingin belajar
membuat inisatif.
|
Mempersonalisasi perasaan tentang tujuan
|
Konseli
|
Betul bu..
|
|
TAHAP MENGEMBANGKAN INISIATIF
|
||
Konselor
|
Baiklah, kalau begitu terlebih dahulu kamu hendaknya
dapat menetapkan dengan jelas tujuan yang ingin kamu capai. Dalam merumuskan
tujuan ini kamu harus mempertimbangkan siapa saja yang terlibat didalam
permasalahan mu ini ??
|
Menetapkan tujuan (menetapkan komponen-komponen)
|
Konseli
|
Yang terlibat hanya diri saya sendiri bu..
|
|
Konselor
|
Benar sekali, lalu apa yang kamu lakukan dalam
mengatasi masalah kamu ini ??
|
Menetapkan fungsi
|
Konseli
|
Saya harus dapat menghilangkan perasaan cemas dan
tegang yang ada pada diri saya bu..
|
|
Konselor
|
Ya, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana
caramu untuk menghilangkan perasaan cemas dan tegang yang ada pada diri
kamu..
|
Menetapkan proses
|
Konseli
|
Itulah masalahnya bu,, sulit sekali rasanya
memikirkannya..
|
|
Konselor
|
Baiklah kalau begitu, kamu juga harus menetapkan
dalam kondisi yang bagaimana kamu menyelesaikan masalah mu ini ??
|
Menetapkan kondisi
|
Konseli
|
Saya ingin belajar untuk menghilangkan kecemasan dan
ketegangan saya selama waktu istrahat di sekolah dan juga berlatih di rumah
pada sore hari
|
|
Konselor
|
Bagus, kamu juga harus menetapkan standarnya, yaitu
banyaknya latihan yang kamu lakukan, misalnya 2 atau 3 kali
|
Menetapkan standar
|
Konseli
|
Saya akan melakukan latihan sebanyak dua kali sehari
bu..
|
|
Konselor
|
Nah sekarang coba kamu rumuskan apa tujuan yang
ingin kamu capai setelah konseling ini ??
|
Mengkomunikasikan tujuan operasional
|
Konseli
|
Baiklah, saya merasa cemas dan tegang ketika ingin
mengahadpi ujian nasional karena saya takut tidak lulus dalam ujian tersebut,
karena itu saya ingin menghilangkan kecemasan saya sebagaimana ditunjukkan
oleh tidak adanya perasaan cemas dan tegang pada diri saya dan akan saya
lakukan latihan sebanyak 2 kali dala sehari.
|
|
Konselor
|
Bagus sekali, kamu telah merumuskan tujuan untuk
mengatasi masalahmu dengan baik.
|
|
Konseli
|
Iya bu..
|
|
Konselor
|
Kalau boleh tahu apakah kamu belum pernah mencoba
untuk menghilangkan kecemasan yang ada pada diri kamu ??
|
Membantu konseli mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan
program
|
Konseli
|
Sudah bu, tetapi perasaan cemas dan tegang tetap
selalu ada dalam diri saya yang selalu membayangi saya. Saya sudah tidak tahu
apa yang harus saya lakukan. Dapatkah ibu menunjukkan cara lain untuk
mengatasi masalah saya ini ??
|
|
Konselor
|
Tentu
saja,,, setelah saya mendengar cerita dari masalah kamu, ibu dapat memberikan
alternative yang mungkin dapat kamu lakukan, yaitu kamu dapat menggunakan
teknik modeling partisipan dan teknik relaksasi. Dimana teknik modeling
partisipan merupakan teknik yang digunakan untuk mengurangi tingkah laku
menghindar dari perasaan-perasaan terhadap situasi dan keadaan yang
menakutkan, sedangkan relaksasi merupakan usaha mengajari seseorang untuk
relaks, dengan menjadikan orang itu sadar tentang perasaan tegang dan
perasaan-perasaan relaks kelompok-kelompok otot utama seperti tangan, muka,
leher, dada, bahu, punggung, dan perut serta kaki. Tujuan jangka panjang dari
relaksasi otot adalah agar tubuh dapat memonitor sesegera mungkin semua
signal kontrolnya dan secara otomatis membebaskan tegangan yang tidak
diinginkan. Nah, bagaimana pendapat mu ??
|
Membantu konseli memilih program
|
Konseli
|
Keduanya kelihatan bagus tetapi saya masih bingung
pilih yang mana ??
|
|
Konselor
|
Baiklah agar kamu dapat memilih teknik yang cocok
hendaknya kamu menguji setiap alternative tadi kebaikan dan kerugiannya. Nah,
bagaimana jika kamu menguji alternative pilihan itu dari segi keuntungan dan kerugiannya
yang dilihat dari 3 hal yaitu menguntungkan atau merugikan bagi dirimu
sendiri, bagi guru dan bagi sekolah. Kamu dapat menggunakan lembaran “uji
keseimbangan” alternative ini. (menyodorkan lembar uji keseimbangan
keputusan). Silahkan diisi..
|
Pengujian alternative program
|
Konseli
|
Baik bu… saya akan mengisinya.
|
|
Konselor
|
Baiklah, karena kamu telah mengisinya, coba kamu
sebutkan keuntungan dan kerugian dari teknik modeling partisipan?
|
Menanyakan keuntungan dan kerugian model partisipa
|
Konseli
|
Keuntungan model partisipan yaitu kita bisa langsung
melihat model dalam memperagakan sehinggacepat dipahami sedangkan
kekurangannya adalah saya tidak mau ada orang lain yang tahu masalah saya.
|
N
|
Konselor
|
Bagus sekali. Sekarang sebutkan keuntungan dan
kekurangan dari teknik relaksasi?
|
Menanyakan keuntungan & kekurangan teknik
relaksasi
|
Konseli
|
Menurut Saya keuntungan teknik relaksasi adalah agar
kecemasan dan ketegangan yang ada pada diri saya dapat dihilangkan, dan
dengan teknik relaksasi otot saya dapat merilekskan kembali otot saya
sehingga, saya dapat berfikir rasional Saya rasa kerugiannya boleh dikatakan
tidak ada bu, karena yang lebih penting adalah bagaimana agar saya dapat
rileks pada saat menghadapi ujian nanti.
|
|
Konselor
|
Setelah kamu membandingkan kedua modeling itu,kamu
memilih program yang mana ?
|
Meminta Konseli Memilih Teknik modeling
|
Konseli
|
Saya pilih teknik relaksasi bu…
|
|
Konselor
|
Bagus sekali, kamu telah menetapkan program untuk
mengatasi masalah mu itu, selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mengatur
langkah-langkah program tersebut yaitu langkah mana yang akan kamu lakukan
terlebih dahulu kemudian langkah pengantara dan sub langkah baik sub langkah
dari langkah awal maupun sub langkah dari langkah pengantara itu. Langkah
mana yang menurut kamu lebih penting dari semua program itu..?
|
Mengembangkan langkah awal program
|
Konseli
|
Saya pikir yang menjadi langkah awal saya yakni
mempelajari teknik relaksasi
|
|
Konselor
|
Itu adalah langkah awal yang baik, dan mana langkah
pengantara kamu yang menjadi jembatan untuk mencapai tujuan?
|
Mengembangkan langkah pengantara program
|
Konseli
|
Langkah pengantara saya adalah saya akan berlatih
dalam menggunakan teknik relaksasi itu
|
|
Konselor
|
Nah sekarang sub langkah apa saja yang akan kamu
lakukan?
|
Mengembangkan sub langkah program
|
Konseli
|
Yang menjadi sub langkah saya yaitu pertama saya
mempelajari teknik relaksasi dengan baik dan kedua tidak putus asa dalam berlatih, kemudian
saya akan mempraktekkannya sendiri.
|
|
Konselor
|
Baik sekali, sekarang kamu harus menetapkan waktu
kapan kamu akan menyeleseikan program tersebut?
|
Merencanakan jadwal (menetapkan waktu penyeleseian)
|
Konseli
|
Insya Allah Minggu depan bu..
|
|
Konselor
|
Baik, kamu bertekad untuk menyeleseikan program
tersebut minggu depan. Selanjutnya kapan kamu akan memulai kegiatan tahap
awal?
|
Menetapkan waktu memulai
|
Konseli
|
Waktu dekat ini bu dan Saya tidak ingin menunda lagi
karena ujian nasional semakin dekat.
|
|
Konselor
|
Bagus sekali, kamu sudah tidak sabar menunggu. Lalu
apa yang kamu lakukan pada hari kedua, ketiga dan keempat?
|
Memonitori rentang waktu
|
Konseli
|
Pada hari kedua saya akan mempelajari secara
mendalam tentang teknik relaksasi, hari ketiga saya akan belajar untuk
berlatih dan hari keempat saya akan mempraktekkannya
|
|
Konselor
|
Baiklah karena kamu sudah tidak sabar untuk
melakukan latihan, maka kita akan memulainya sekarang. Pada dasarnya, kita
belajar menguasai tegangan badan kita. Beberapa orang dapat menguasainya. Tetapi
pada tempat tegangan, biasanya badanmu akan lebih tegang, walaupun mungkin
kamu tidak menyadarinya. Jika kamu dapat belajar mengenai tegangan otot dan
merilekskan otot mu, maka keadaan rileks ini dapat menolong mengurangi
kecemasan dan rasa tegang yang ada pada diri kamu. Apa yang akan kita lakukan
adalah membantu kamu mengenali jika badanmu rileks, dan jika badanmu tegang,
dengan sengaja menegangkan dan merilekskan kelompok otot yang berbeda dalam
badanmu. Kita hendaknya, mencapai pada titik di mana kamu dapat mengenali
sensasi-sensasi yang berarti tegangan dan menggunakan ini sebagai tanda pada
diri mu sendiri untuk rileks. Apakah kamu sudah mengerti ???
|
Mendeskripsikan rasional tentang teknik relaksasi
|
Konseli
|
Ya, saya mengerti bu.. apakah ibu akan mengatakan
pada saya tentang bagaimana melakukannya ??
|
|
Konselor
|
Ya, tentu saja. Pertama-tama saya akan menunjukkan
kamu sehingga kamu dapat memahaminya. Satu hal yang perlu kita lakukan
sebelum memulai adalah agar kamu sedapat mungkin merasa nyaman. Karena itu
kamu jangan sampai terganggu oleh sinar lampu. Saya akan mematikan lampu ini.
Jika kamu menggunakan kontak lens,jam tangan,sepatu dan perhiasan lain tolong
dilepaskan, karena kontak lens membuatmu merasa tidak nyaman pada saat kamu
menutup mata. Juga saya menggunakan kursi khusus ini untuk ini. Kamu akan
merasakan kursi yang sandarannya lurus yang kamu duduki lama-lama. Hal ini
akan mengganggumu pula, karena itu saya mempunyai kursi yang dilapisi busa
yang dapat kamu pakai untuk latihan ini.
|
|
Konseli
|
(duduk di kursi empuk) hmmm,,, memang benar-benar
nyaman
|
|
Konselor
|
Baik, kursi itu memang benar-benar membantu.
Sekarang saya akan menunjukkan kamu bagaimana kamu dapat tegang dan lalu
mereklaskan otot-otot mu. Saya akan mulai dengan tangan kanan saya
(mengepalkan tangan kanan, istirahat dan menunjukkan tegangan. Lalu
merelakskan kepalan itu. Konselor juga memberi contoh kelompok dan beberapa
kelompok lainnya). Apakah contoh ini dapat kamu ikuti ???
|
Memberi contoh
|
Konseli
|
Ya, ibu tidak perlu melakukan semuanya..
|
|
Konselor
|
Ya, kerjakan. Tetapi kita akan mengambil setiap
kelompok otot terpisah. Pada saat kamu menegangkan dan merelakskan setiap
kelompok otot, seluruh badan mu akan merasakan relaks. Kamu akan merasa
seperti dibebaskan, hal ini sangat penting. Karena terbebas dari ketegangan
jauh lebih baik dari pada berada terus dalam ketegangan. Sekarang, yang
penting kamu berusahalah tetap merasa nyaman sementara ibu akan memberikan
instruksi pada mu. Apakah ada pertanyaan sebelum kita mulai ???
|
Memberikan informasi lebih lanjut tentang relaksasi
otot
|
Konseli
|
Tidak ada bu,, mungkin relaksasi ini agak mirip
dengan yoga?
|
|
Konselor
|
Benar relaksasi didasarkan pada ide yang sama dengan
yoga, yaitu belajar meringankan tegangan. Ok, duduklah dalam posisi yang
enak. Kita akan segera mulai. (memberi Neny kesempatan untuk duduk dengan
enak, lalu memberi instruksi-instruksi. Sebagain besar sesion ini digunakan
untuk memberi instruksi pada Neny dalam relaksasi otot).
1.
Pertama
tangan kanan mu,luruskan kedepan dan
kepalkan tinju kananmu. Kepalkan dengan kuat.Rasakan ketegangan pada
lengan bagian bawah tanganmu tahan
selama 5 detik. Sekarang buka dan kendorkan tanganmu secara perlahan-lahan.
Rasakan perbedaan antara tegang tadi dan rileks sekarang. (berhenti 10 detik)
2.
Sekarang
kita akan melakukan hal yang sama dengan tangan kiri mu. Luruskan kedepan dan
kepalkan tinju kirimu, rasakan tegangannya (tahan selama 5 detik ).Buka dan
kendorkan secara perlahan-lahan. Rasakan perbedaan antara tegang tadi dan
rileks sekarang (berhenti 10 detik)
3.
Sekarang
luruskan kedua tanganmu. Tunjukkan jari-jarimu kearah langit-langit. Rasakan
ketegangannya pada pergelangan tanganmu tahan selama 5 detik, Sekarang
kendorkan.Rasakan perbedaan antara tegang tadi dan rileks sekarang. (10 detik
istirahat)
4.
Sekarang, luruskan kedua tanganmu dan tengadahkan
telapak tanganmu keatas, kepalkan dengan kuat, bawah kearah bahumu.Rasakan tegangan di
otot-otot bisepmu tahan selama 5 detik. Sekarang kendorkan. Rasakan perbedaan
antara tegang tadi dan rileks sekarang. (10 detik istirahat)
5.
Sekarang
kita akan pindah kearah bahu. Angkat bahumu sampai telinga. Rasakan ketegangan
dalam bahumu itu tahan selama 5 detik . Sekarang kendorkan bahumu. Rasakan
perbedaan antara tegang tadi dan rileks sekarang. (10 detik istirahat).
Apakah bahumu serileks tangan mu ???
|
Memberikan instruksi-instruksi kepada konseli untuk melakukan relaksasi otot
|
Konseli
|
“(mengangguk)”
|
|
Konselor
|
1.
Sekarang
kita akan mengendorkan bagian wajah. Pertama, kerutkan dahi dan alismu.
Rasakan ketegangan pada mukamu tahan selama 5 detik. Sekarang kendorkan.Rasakan
perbedaan antara tegang tadi dan rileks sekarang (10 detik istirahat)
2.
Sekarang
pejamkan matamu kuat-kuat. Rasakan tegangan di sekeliling matamu tahan selama
5 detik. Sekarang kendorkan otot-otot itu. Rasakan perbedaan antara tegang tadi
dan rileks tadi (10 detik istirahat)
3.
Sekarang
rapatkan rahang atas dan bawah dengan menggigitkan gigimu sama-sama. Tarik
pangkal lidahmu kebelakang hingga menempel kelangit-langit mulutmu.Rasakan
tegangan dirahangmu tahan selama 5 detik. Kendorkan rahangmu sekarang.
Rasakan perbedaan antara tegang tadi dan rileks sekarang. (10 detik
istrahat). Bagaimana Neny?
|
|
Konseli
|
“(mengangguk)”
|
|
Konselor
|
1.
Sekarang
rapatkan kedua bibirmu kuat-kuat. Rasakan tegangan otot di sekitar bibirmu
tahan selama 5 detik. Sekarang kendorkan otot-otot sekitar mulutmu. Rasakan
perbedaan antara tegang tadi dan rileks sekarang. (istirahat 10 detik)
2.
Sekarang
kita akan pindah ke otot-otot leher. Jatuhkan kepalamu ke belakang. Rasakan
tegangan di belakang lehermu dan punggung atas tahan selama 5 detik.Sekarang
lepaskan . Rasakan perbedaan antara tegang tadi dan rileks sekarang.
(istrahat 10 detik)
3.
Sekarang
teruskan konsentrasi pada daerah leher.
Benamkan bahumu hingga menyentuh dada bagian atas.Rasakan tegangan di
leher depanmu tahan selama 5 detik. Sekarang kendorkan.Rasakan perbedaan
antara tegang tadi dan rileks sekarang. (10 detik istrahat).
4.
Sekarang
bungkukkan punggungmu seperti membusungkan dadamu.Rasakan tegangan pada otot
punggung dan bahumu,tahan selama 5 detik. Lepaskan. Rasakan perbedaan antara
tegang tadi dan rileks sekarang.( 10 detik istirahat).
5.
Sekarang
ambil nafas dalam-dalam, dan tahan nafas mu. Rasakan tegangan di seluruh
dadamu dan dalam daerah perutmu tahan selama 5 detik. Sekarang hembuskan
secara perlahan-lahan. Rasakan perbedaan antara tegang tadi dan rileks
sekarang.
6.
Sekarang
tarik perutmu dalam-dalam dan kencangkan otot perutmu.Rasakan tegangan pada
otot perutmu tahan selama 5 detik. Sekarang lepaskan.Rasakan perbedaan antara
tegang tadi dan rileks sekarang.
7.
Sekarang
pusatkan perhatianmu pada bagian kaki, rentangkan kedua kakimu
kedepan,rasakan tegangnya pada otot-otot paha dan lututmu,tahan selama 5
detik.Kemudian lepaskan.Rasakan perbedaan antara tegang tadi dan rileks
sekarang.
8.
Sekarang
luruskan kedua kakimu,tegakkan jari-jarimu ke langit.Rasakan tegangan diotot
betis. Tahan selama 10 detik.Kemudian lepaskan. Rasakan perbedaan antara
tegang tadi dan rileks sekarang.
Nah..sekarang
kita lihat dan rasakan otot-otot mana saja dari tubuh kita yang masih
mengalami ketegangan di mulai dari kaki,betis,perut sampai otot tangan.Jika
masih merasa tegang,kita bisa mencoba melakukannya kembali. Ibu ingin Neny
memikirkantentang skala tegangan antara 0= Rileks dan 5 = belum Rileks.
Katakan pada Ibu dimana kamu menempatkan dirimu pada skala ini.
|
|
Konseli
|
Saya berada pada nomor 2 bu, masih ada bagian-bagian
yang saya belum sepenuhnya rileks
|
|
Konselor
|
Baguslah, tapi bolehkah ibu tahu bagaimana kesanmu
terhadap relaksasi ini?
|
Melakukan Penilaian setelah latihan
|
Konseli
|
Saya benar-benar merasa relaks bu,, tapi kok
terkesan bertele-tele, maaf kalau saya salah..
|
|
Konselor
|
Kesanmu itu ada benarnya, karena kamu baru pertama
kali melakukannya. Tetapi kalau kamu sudah sering melaksanakan, maka kamu
akan merasa terlalu singkat. Nah, apakah kamu mengalami kesulitan pada bagian
otot tertentu untuk merilekskannya ??
|
|
Konseli
|
Tidak juga.
|
|
Konselor
|
Apa reaksimu, ketika kamu memusatkan pada tegangan
??bagaiman halnya dengan relaksasi ??
|
|
Konseli
|
Saya betul-betul merasakan tegang dan tidak enak.
Sebaliknya, setelah rileks saya benar-benar merasakan kenyamanan
|
|
Konselor
|
Jadi bagaimana perbedaan antara perasaan tegang dan
rileks??
|
|
Konseli
|
Bedanya sangat jauh sekali, perasaan tegang membuat
saya kacau, lelah dan tidak enak, sedangkan rileks menyebabkan saya merasa
enak dan tenang
|
|
Konselor
|
Baik sekali, kamu telah memperoleh banyak kemajuan,
tetapi relaksasi, seperti keterampilan lainnya, memerlukan banyak latihan.
Jadi kamu harus banyak berlatih..
|
|
Konseli
|
Baik, bu..
|
|
TAHAP TERMINASI
|
||
Konselor
|
Rupanya waktu kita sudah hampir habis untuk itu mari
kita manfaatkan waktu yang tinggal sedikit ini.
|
Memberitahu bahwa waktunya sudah hampir habis
|
Konseli
|
Iya bu….
|
|
Konselor
|
Sebelumnya Ibu ingin kamu mengungkapkan kembali
pokok-pokok hasil pembicaraan kita.
|
Meminta Merangkum
|
Konseli
|
Baiklah bu.. Saya harus melakukan teknik relaksasi
untuk menghilangkan kecemasan dan ketegangan yang ada pada diri saya bu
sehingga saya dapat merasa rileks,, dan saya juga harus banyak latihan bu..
|
|
Konselor
|
Bagus, rupanya kamu sudah paham, bagaimana perasaan
mu sekarang ??
|
Menanyakan perasaan konseli
|
Konseli
|
Sekarang, saya benar-benar merasa rileks bu..
kecemasan dan ketegangan yang ada pada diri saya sudah mulai berkurang bu..
|
|
Konselor
|
Baguslah, sekarang ibu akan meminta kamu untuk
melakukan latihan dirumah dua kali sehari sekitar 15 sampai 20 menit setiap
latihan. Lakukan latihan di kursi yang ada sandarannya, cobalah melakukan
relaksasi sewaktu-waktu terutama jika ada waktu senggang seperti: setelah
bangun tidur, setelah sekolah, atau setelah kerja, atau sebelum makan malam.
Cobalah untuk menghindari gangguan, seperti bunyi telepon dan orang yang
ingin ketemu kamu. Isilah buku catatan ini setiap kamu selesai latihan. Di
mana, kapan, berapa lama, kesulitan apa yang kamu dapatkan selama latihan dan
keberhasilan-keberhasilan yang kamu capai. Apakah kamu ada pertanyaan ???
|
Memberikan PR
|
Konseli
|
Saya sudah paham bu.. Insya Allah akan saya
laksanakan.
|
|
Konselor
|
Agar kamu tidak lupa akan pokok-pokok hasil
pembicaraan kita tadi, maka catatan yang ibu buat ini bisa kamu bawa pulang..
|
Memberikan catatan
|
Konseli
|
Terima kasih bu..
|
|
Konselor
|
Baiklah, Kalau kamu tidak keberatan kita akan
bertemu lagi disini pada hari dan jam yang sama untuk membicarakan pengalaman
kamu selama berlatih di rumah.?
|
Mengemukakan rencana pertemuan berikutnya dan tindak
lanjut
|
Konseli
|
Iya, saya setuju bu.. dengan cara itu saya akan tahu
dimana letak kekurangan saya dalam berlatih..
|
|
Konselor
|
Ok, Hari ini cukup sampai di sini dulu, sampai
bertemu lagi minggu depan. Selamat sore Neny..
|
Melakukan perpisahan
|
Konseli
|
Selamat sore bu..
|