Follow Me

KUNCI KARIR

Kunci Karir

Kunci karirku
Kunci karir akan mengungkap proses penyesuaian ini serta akan menunjukkan bagaimana mengidentifikasi pekerjaan yang sesuai dengan anda.
Nama ________________________________  Tanggal ________________________

BAGAIMANA ANDA MELIHAT DIRI ANDA
Bacalah setiap pernyataan di bawah ini dan tentukanlah seberapa jauh pernyataan tersebut menggambarkan diri anda. Bila pernyataan tersebut sangat sesuai dengan anda, tulislah ”2” pada garis di sebelahnya. Bila pernyataan tersebut agak sesuai dengan anda, tulislah ”1”. Bila pernyataan tersebut tidak menggambarkan diri anda, tulislah ” 0”.
R

 II 
__
Saya menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan binatang, atau pekerjaan yang menggunakan peralatan atau mesin __ Saya suka belajar dan menyelesaikan soal-soal matematika atau sains.
­
__
Dibandingkan dengan teman sebaya, saya memiliki keterampilan yang baik dalam bekerja dengan menggunakan peralatan, gambar –gambar mekanis, mesin, atau binatang. __ Dibandingkan teman sebaya, Saya memiliki kemampuan yang baik dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika dan sains.
­­
__
Saya menghargai hal-hal praktis yang dapat berkaitan dengan sesuatu yang dilihat atau disentuh, seperti memelihara tumbuhan dan binatang, atau sesuatu yang dapat dibangun atau diperbaiki. __ Saya menghargai sains
__ Saya adalah orang yang menyukai pekerjaan praktik, mekanik, dan realistik __ Saya adalah orang yang teliti serta menyukai sains dan intelektual.
A

S
__
Saya suka melakukan aktifitas kreatif seperti seni, drama, kerajinan, tari, musik, atau penulisan kreatif. __ Saya suka mengerjakan sesuatu yang dapat membantu orang lain: seperti mengajar, melakukan pertolongan pertama, atau memberikan informasi
__ Dibandingkan dengan teman sebaya, saya memiliki kemampuan artistik yang baik -seperti dalam penulisan kreatif, drama, kerajinan, musik, atau seni. __ Dibandingkan dengan teman sebaya, saya memiliki kemampuan yang baik dalam mengajar, melakukan konseling, merawat, atau memberikan informasi.
__ Saya menghargai seni kreatif – seperti drama, musik, seni, atau hasil karya penulis kreatif. __ Saya suka menolong orang lain dan menyelesaikan masalah sosial
__ Saya adalah orang yang artistik, imajinatif, original, dan mandiri __ Saya adalah orang yang suka menolong, ramah, dan dapat dipercaya
­­E
C
__ Saya suka memimpin dan mempengaruhi orang lain, serta menawarkan ide atau barang. __ Saya menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan angka, rekaman/data, atau mesin dalam suatu keteraturan.
__ Dibandingkan dengan teman sebaya, saya memiliki kemampuan yang baik dalam memimpin orang serta dalam menyampaikan ide atau menjual barang. __ Dibandingkan dengan teman sebaya, saya memiliki kemampuan yang baik dalam bekerja dengan rekaman/data tertulis dan angka yang sistematik dan runtut/teratur.
__ Saya menghargai keberhasilan dalam politik, kepemimpinan atau bisnis. __ Saya menghargai keberhasilan dalam bisnis
__ Saya adalah orang yang enerjik, ambisius, dan dapat bersosialisasi dengan baik. __ Saya adalah orang yang menyukai keteraturan, dan mampu menjalankan rencana dengan baik.
Sekarang, jumlahkan poin-poin yang anda peroleh untuk pernyataan R, kemudian tuliskan pada baris 1 penghitungan total skor. Kemudian lakukan hal yang sama untuk huruf lain : I, A, S, E, dan C.




PROFESI YANG DIMINATI
      Untuk pekerjaan yang terdaftar dibawah ini, tulis ”2” bila anda benar-benar sangat berminat atau tertarik. Tulis ”1” bila anda mungkin berminat atau agak berminat. Dan tulis ”0” bila anda tidak memilih, tidak tertarik atau tidak menyukai.
R __ Pengemudi Bis I   __ Ahli Biologi A __ Desainer Pakaian
S __ Terapis Fisik E  __ Pengacara C __ Pegawai Asuransi
R __ Pembudidaya Ikan I   __ Ahli Kimia A __ Penari
S __ Pustakawan E  __ Manajer Penjualan C __ Panitera
R __ Peternak I   __ Ahli Astronomi A __ Musisi
S __ Perawat E __ Penyiar Radio/TV C __ Teller Bank
R __ Mekanik Truk I   __ Laboran A __ Novelis
S __ Konselor E __ Petugas Penjualan C __ Guru Bisnis
R __ Pilot pesawat udara I   __ Insinyur Elektro A __ Aktor/Aktris
S __ Terapis Wicara E __ Manajer Restoran C __ Petugas Survei Bank
R __ Tukang Kayu I  __ Teknisi Kimia A __ Artis
S __ Pekerja Sosial E __ Agen Penjualan Asuransi C __ Ahli Perpajakan
R __ Insinyur Mesin I   __ Peneliti Ilmiah A __ Penyanyi
S __ Guru E __ Manajer Penjualan Apartemen/Rumah C __ Petugas Pembukuan Keuangan
Disebelah kiri dari setiap jenis pekerjaan anda melihat sebuah huruf : R, I, A, S, E atau C. Hati-hati menambahkan angka dari poin yang anda miliki untuk tujuh pekerjaan R, dan tuliskan jumlahnya pada bagian bawah baris kedua. Lakukan hal yang sama untuk huruf yang lain: I, A, S, E, dan C. Sekarang, tambahkan baris 1 dan baris 2 dan hasilnya tulis pada baris 3 untuk mendapatkan skor total.
Baris 1 :    _____       _____       _____       _____        _____       _____                                                 R               I                   A                S                   E                 C
Baris 2 :    _____      _____           _____         _____         _____          _____
R               I                   A                S                 E                 C
Total :  Baris 3 :    _____       _____           _____         _____         _____          _____
R             I                    A                S                 E                  C
Anda akan menggunakan skor total pada baris ketiga untuk membuat kunci karir anda pada halaman berikutnya.

KUNCI KARIR ANDA
      Sekarang anda siap untuk menyusun kunci karir anda. Diawali dengan jumlah total dari poin yang anda miliki untuk R dari baris 3. Tulislah tanda silang kecil (x) pada grafik disamping ini, diatas R untuk angka tersebut. Lakukan hal yang sama untuk huruf-huruf lain: I, A, S, E, dan C. Setelah anda selesai, buatlah garis yang menghubungkan tanda ”x” yang ada untuk melengkapi kuncinya. Inilah kunci karir anda.



Menurut Dr. John Holland, ada enam tipe orang – Realistik, Investigatif, Artistik, Sosial, Enterprising, dan Konvensional. Skor paling tinggi merupakan tipe kepribadian yang paling sesuai dengan anda.
Pada halaman berikutnya, adalah daftar pekerjaan. Semuanya dikelompokkan dalam dua cara :
  1. Pekerjaan dikelompokkan berdasarkan 6 tipe kepribadian — Realistik, Investigatif,  Artistik, Sosial, Enterprising, dan Konvensional.
  2. Kemudian, dibawah keenam tipe tersebut, pekerjaan dikelompokkan dalam kelompok-kelompok kerja. Orang pada kelompok pekerjaan memiliki kesamaan sifat, minat, keterampilan, kemampuan, dan tingkat pelatihan.
Baca pekerjaan yang terdaftar pada dua atau tiga kepribadian yang tertinggi pada kunci karir anda. Taruhlah sebuah tanda tick (√) pada pekerjaan yang anda minati, atau pada pekerjaan yang anda ingin ketahui lebih lanjut.
LK 1.3.4. Hobyku
Hobby
Yang kurasakan ketika melakukan hobbyku
Tingkat kemahiran atau Keahlian yang kumiliki
Yang sudah pernah aku lakukan
















LK 1.3.5 Panduan studi untuk mengidentifikasi orang yang sukses dengan mengembangkan hoby sebagai sumber pekerjaan

Nama
Umur
Pekerjaan
Tempat tinggal
Informasi mengenai kisah sukses
Pekerjaan sebelum pekerjaan saat ini
Kapan mulai menyadari hobynya sebagai peluang kerja
Mengapa memutuskan untuk menekuni hobby sebagai perkerjaan (apa motovasi utamanya?)
Apakah ada orang yang memotivasinya?
Bagaimana dia merintis pekerjaan barunya yang adalah hobynya?
Bagaimana dia mengukur kesuksesannya saat ini? (apakah lebih baik atau lebih buruk dari pekerjaan sebelumya?)
Apa yang menjadi nilai lebih dengan menekuni pekerjaan bbbyang didasarkan pada hobby dengan pekerjaan yang sebelumnya?
Apakah dia yakin akan masa depan pekerjaannya ini dan mengapa?
Share this article :
 

Iklan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Bimbingan & Konseling - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger