Follow Me

RPBK Pengenalan Sekolah



RENCANA PELAKSANAAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

 Kelas /semester                      : XI/ I
 Alokasi waktu                        : 2 X 45 menit
 Topik/ materi                          :Pengenalan sekolah
 Tugas perkembangan             : mencapai kematangan dalam lingkungan sekolah
 Bidang Bimbingan                 : Bimbingan belajar
 Fungsi Layanan                      : Fungsi Pemahaman
 Jenis Layanan                         : Layanan Informasi

   I.  Standart Kompetensi       : Memiliki pemahaman diri tentang sekolah.
II. Kompetensi Dasar           : Mengetahui sejarah, letak sekolah, keadaan sekolah, agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah.
III.             Indikator
Produk
1.      Menjelaskan keadaan sekolah
2.      Menjelaskan tata tertib, hak-hak siswa, dan larangan siswa
Proses
1.      Mengidentifikasi sejarah sekolah dan tata tertib


Keterampilan Sosial
1.      Melakukan komunikasi meliputi bertanya, dan berpendapat.
2.      Melakukan/ mencoba untuk menjadi pendengar yang baik.
IV.             Tujuan
Produk :
1.      Diberikan soal tentang keadaan sekolah
2.      Diberikan soal mengambar denah sekolah
            Proses :
3.      Diberi contoh suatu perilaku sehingga siswa dapat mengidentifikasi lingkungan sekolah
Keterampilan Sosial :
4.      Terlibat aktif dalam proses bimbingan dan konseling yang berpusat pada si
siswa, sehingga siswa dapat melakukan komunikasi meliputi bertanya, presentasi dan, berpendapat.
V.                Topik/ Materi :
Pengenalan sekolah (materi terlampir)
VI.             METODE
1.      Model Bimbingan klasikal di kelas dan
Metode :
Ceramah, dan pemberian tugas

VII.          KEGIATAN
Pendahuluan (15 menit)
1.      Memotivasi siswa agar mengikuti pelajaran dengan baik dan tenang.
2.      Menyampaikan inti dari tujuan bimbingan meliputi produk, proses dan keterampilan sosial.
Inti (70 menit)
3.      Dalam keadaan dikelas, guru BK menanyakan kepada siswa sekolah SMAN 1 WARU?.
4.      Dalam kelas guru menjelaskan tatib sekolah, hak-hak siswa, larangan siswa.
Penutup
5.      Didalam kelas guru BK, mengevaluasi pembelajaran yang sedang berlangsung, menanyakan tentang lingkungan sekolah SMAN 1 WARU
6.      Memberi tugas rumah ke siswa untuk mengambar denah sekolah SMAN 1 WARU
7.      Guru BK menutup pelajaran yang sedang berlngsung.
VIII.       ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber :
Buku Pedoman, Paket pelayanan BK
Alat :
Spidol, white board
IX.             PENILAIAN
1.      Pengamatan terhadap proses layanan Bimbingan Dan Konseling
a. LembaR Kerja siswa
               2.   Tertulis
                      a.  LP produk
                      b.  LP proses
Share this article :
 

Iklan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Bimbingan & Konseling - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger